Rabu, Mei 11, 2011

Makhluk Ini Tidak Tumbuh Seumur Hidup


Yunanto Wiji Utomo | Tri Wahono | Rabu, 11 Mei 2011 | 19:49 WIB

KOMPAS.com — Ilmuwan menemukan makhluk yang sepanjang hidupnya tak pernah tumbuh. Makhluk yang tergolong jenis bintang laut itu ditemukan di area dalam Samudra Pasifik. Diameter dewasanya hanya beberapa milimeter serta tak memiliki lengan panjang seperti bintang laut umumnya.

Bintang laut tersebut masuk dalam genus Xylopax. Pada awalnya ilmuwan bingung untuk menempatkan makhluk ini dalam pohon taksonomi. Namun, setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa makhluk ini memiliki kekerabatan dekat dengan famili bintang laut, disebut Pterasteridae.

Daniel Janies, peneliti biologi komputasional Ohio State University, mengatakan, makhluk ini memiliki ukuran kecil, memungkinkan untuk masuk ke sudut dan celah kayu di mana banyak terdapat hasil uraian mikroba. Mereka bisa hidup seperti kutu busuk, mengambil semua nutrisi yang ada.

Menurut tim peneliti yang diketuai Janies, tubuh kecil bintang laut itu diperoleh lewat proses yang disebut progenesis. Siklus hidup bintang laut itu seperti terpotong sehingga karakteristik dewasa sama dengan karakteristik juvenile.

Hal paling mencolok yang bisa diamati adalah lengannya. Umumnya bintang laut memiliki lengan aksial serupa jeruji roda. Akan tetapi, Xylopax hanya memiliki lengan pendek yang tumbuh di sekeliling, jadi seperti bagian inti roda yang tak punya jeruji.

"Xylopax hanyalah bintang laut kecil yang memiliki tubuh dan habitat yang aneh. Begitu anehnya sehingga banyak yang tak menduga bahwa makhluk ini masuk dalam jenis bintang laut sebelum kami menguraikan gen dan pertumbuhannya," kata Janies.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Systematic Biology yang terbit 27 April 2011. Penelitian ini adalah bagian dari proyek "Tree of Life", sebuah proyek yang bertujuan mengetahui hubungan kekerabatan antarsemua makhluk hidup.

http://sains.kompas.com/read/2011/05/11/19491348/Makhluk.Ini.Tidak.Tumbuh.Seumur.Hidup

Tidak ada komentar: